Perlukah Vegetarian?

Vegetarian adalah gaya hidup yang tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Selain vegetarian, sebagian dari kita mungkin pernah mendengar atau membaca istilah “vegan”. Gaya hidup vegan lebih ekstrem daripada vegetarian. Vegan diartikan sebagai gaya hidup yang berupaya untuk menghindari segala bentuk pemanfaatan terhadap hewan, termasuk untuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lain.

Dalam agama Tao tidak ada anjuran atau keharusan untuk menjalani gaya hidup vegetarian. Dengan kata lain, umat Tao bebas memilih untuk vegetarian atau tidak vegetarian. Dalam kehidupan sehari-hari, umat Tao dianjurkan untuk makan secukupnya atau tidak berlebihan, sederhana, serta memerhatikan keseimbangan zat gizi yang terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi. Terhadap hewan apapun, umat Tao seharusnya tidak menyiksa hewan, memanfaatkan secukupnya, dan memerhatikan keseimbangan ekosistem.

Umat Tao, khususnya Thay Shang Men Xiao Yao Pai hanya dianjurkan ciak cai (tidak makan daging) pada hari ulang tahun masing-masing. Ciak cai selama satu hari untuk memperingati dapatnya nyawa itu tidak gampang. Apabila lupa, boleh diganti pada hari lain.

  Dengan alasan kesehatan dan usia, ada beberapa orang yang memilih untuk menjalani gaya hidup vegetarian. Alangkah baiknya apabila ia terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi. Jangan sampai gaya hidup yang dijalani memunculkan penyakit baru pada tubuh karena terjadi ketidakseimbangan zat gizi yang diserap oleh tubuh.

Pola makan empat sehat lima sempurna sangat baik dijalankan setiap hari untuk memastikan kebutuhan gizi tubuh tercukupi. Makanan empat sehat lima sempurna meliputi karbohidrat, lauk-pauk (sumber protein), sayuran, buah, dan susu. Perbandingan 1:1:1 untuk nasi, lauk-pauk, dan sayur. Makanlah makanan yang bervariasi dan hindari mengonsumsi jenis makanan yang sama setiap hari. Selain itu, agar tubuh tetap sehat, kita juga sebaiknya melakukan istirahat dan olahraga yang cukup, menghindari stres, serta liangong (khusus umat Tao TSM) minimal 1 jam setiap hari.

Kesehatan harus menjadi prioritas yang utama bagi kita semua, terlepas dari apakah kita memilih untuk vegetarian atau tidak vegetarian. Tanpa kesehatan, kita tidak dapat beraktivitas dan menjalani siutao dengan baik. Tubuh yang sehat membuat kita mampu bekerja dengan penuh konsentrasi dan mencapai hasil yang optimal.