Pesona Ajaran Agama Tao

Ajaran agama Tao merupakan salah satu ajaran yang sangat unik karena tidak hanya mengajarkan kebaikan, kesehatan, dan upacara/ritual keagamaan. Inti ajarannya terletak pada kehidupan manusia, yaitu bagaimana mencapai kebijaksanaan sesuai dengan budaya timur (Tiongkok). Ajaran Tao mementingkan kehidupan pribadi dan jiwa, memberikan pencapaian positif dalam kehidupan nyata yang sedang dijalani, dan menekankan pada hal-hal berikut.

  1. Kesehatan
    Agar kesehatan terjaga dengan baik dan sempurna, khususnya organ-organ tubuh bisa bertahan dengan baik, manusia harus mencari cara dan mengeksplorasi berbagai makanan dan tumbuhan. Selain itu, manusia perlu memahami bahwa untuk mendapatkan kesehatan yang baik, makan dan bekerja tidak boleh berlebihan dan harus seimbang.
  2. Penyempurnaan diri
    Manusia harus memahami diri sendiri, menyempurnakan diri sendiri, dan mencintai kehidupan dengan cara saling menghargai, mempunyai kepercayaan diri, memiliki kemandirian, dan lain-lain. Dalam menjalani penyempurnaan diri, manusia harus senantiasa menyempurnakan dan menyesuaikan dirinya dengan budaya Tiongkok untuk mencapai kebijaksanaan.
  3. Kebebasan jiwa
    Jiwanya bebas, tidak terkekang, mempunyai tekad, berpikiran terbuka, dan penuh percaya diri. Ketidakberdayaan dihadapi seperti naga dan harimau yang hidup dengan penuh keberanian dan perhitungan yang matang. Kesepian duduk dan menjalankan ajaran digantikan oleh kebebasan menjalani kehidupan nyata, seperti di surga dan bumi.
    Gaya dan pesona kejiwaan ini menjadikan manusia tangguh, menciptakan masa depan bagi diri sendiri dan anak cucu, serta menjadikan ajaran Tao sebagai salah satu ajaran yang sejalan dengan perkembangan kawula muda dan generasi penerus untuk mempunyai kesadaran yang tinggi dan menakjubkan.
  4. Perubahan nuansa batin
    Ajaran ini memberikan inspirasi tentang perubahan nuansa batin setiap manusia dalam kehidupannya ke arah jalan spiritual yang baik.
  5. Kebahagiaan
    Ajaran agama Tao mengajak orang untuk menjaga suasana batin yang bahagia dalam kehidupannya, memandang rendah ketenaran, serta memahami bahwa kekayaan duniawi yang sempurna bukanlah terletak pada seberapa banyak uang yang dimiliki, tetapi kebebasan, kemudahan, dan kecukupanlah yang menjadikan seseorang dapat mencapai kebahagiaan yang sesungguhnya.
  6. Pengendalian diri
    Kalimat-kalimat bijak di dalam kitab suci senantiasa memberikan inspirasi untuk berpikir luas, bebas, dan hidup laksana di surga sehingga kekhawatiran lenyap dan harapan terbaik dapat dicapai.
  7. Kebijaksanaan
    Ajaran agama Tao adalah seni untuk mencapai kebijaksanaan dalam hidup. Ajaran ini berorientasi pada kehidupan nyata, mengajarkan manusia untuk berani bertanggung jawab dan melaksanakan kewajiban dalam hidup, membuang kepicikan dan keegoisan, serta menumbuhkan kebijaksanaan dan jiwa yang mulia.

Demikianlah pesona ajaran agama Tao. Semoga dapat menambah wawasan.