Apa itu Dao Yin Shu (导引术)?

Heboh soal Dao Yin Shu (Tao Ying Suk)tak habis-habisnya dibicarakan, bahwa yang disebut Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) itu semua sama. Sebenarnya penelaahan tentang Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) harusnya dengan pengertian-pengertian secara menyeluruh dan tidak disama -ratakan semua.

Zaman dahulu sudah banyak bermunculan guru-guru Dao (Tao) yang mengajarkan berbagai ilmu, terutama tentang bagaimana menyehatkan badan, bagaimana memanjangkan umur, dsb. Melalui riset, penelitian dan pendalaman oleh ahli-ahli Dao (Tao)  zaman dahulu dengan menggunakan teori alamiahnya, di zaman itu sudah banyak ditemukan cara-cara bagaimana memelihara kesehatan yang baik dengan menyesuaikan hidup mengikuti perubahan alam/cuaca yang ada. Selain itu, untuk melengkapi supaya manusia ini bisa panjang umur, diajarkan juga gerakan-gerakan olahraga (senam), olah napas yang dapat membantu menyehatkan dan menguatkan badan dan itu diwariskan/diturunkan pada generasi-generasi selanjutnya.

Setelah melalui beberapa generasi, kemudian dibukukanlah ilmu-ilmu warisan ini dan disebutlah itu sebagai Dao Yin Shu (Tao Ying Suk)/ilmu pemandu (untuk sehat dan panjang umur). Begitu juga guru-guru yang lain, ada yang menirukan berbagai macam gerakan-gerakan hewan untuk olah raga agar badan sehat, dan ini pun juga disebut sebagai Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) / ilmu pemandu.

Memang benar adanya kata-kata Dao Yin Shu(Tao Ying Suk) artinya adalah ilmu pemandu dan tepat juga kalau gambar-gambar gerak, arahan-arahan tentang olah nafas untuk kesehatan zaman dahulu disebutkan sebagai pemandu untuk menuju lebih sehat.

Zaman sekarang, siapa yang tidak pernah menonton dan mendengar tentang Magic Show?

Tontonan Magic Show, bagi mereka yang tidak mendalami dan mengerti dengan jelas, menganggap semua Magic Show yang ada adalah sama, bahkan mungkin beranggapan bahwa semua Magic Show mengandung unsur mistisnya. Padahal dalam Magic Show itu dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Magic Show yang hanya trik dan keahlian dan yang satunya lagi ada unsur mistisnya.

Demikian pula dengan “istilah” Dao Yin Shu (Tao Ying Suk). Ada Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) yang hanya terdiri dari gerakan-gerakan senam atau olah raga dan latihan pernafasan yang diatur oleh yang latihan sendiri, ada pula Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) yang mengandung unsur Ke-Dewaannya. Yang tidak mengerti secara mendalam, akan menyamakan semua yang disebut Dao Yin Shu (Tao Ying Suk).

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman memahami tentang istilah Dao Yin Shu (Tao Ying Suk). Nah, kalau dikatakan Dao Yin Shu (Tao Ying Suk)sudah ada ribuan tahun yang lalu, ya… memang benar, karena dari zaman dahulu sudah ada olah raga dan olah napas yang diajarkan sejak zaman dahulu. Dao Yin Shu (Tao Ying Suk) dari Thay Shang Men Xiao Yao Pai tentu ada bedanya, karena adanya unsur Ke-Dewaan.

Berikan komentar

18 − nine =