Mengandalkan Diri Sendiri dalam Agama Tao

Baik dalam buku maupun pada sesi Pengenalan Tao, ada beberapa istilah dalam bahasa Tionghoa. Salah satu istilah tersebut adalah “yi ban you wo, yi ban you Tian (一半由我,一半由天). Sebenarnya apa yang dimaksud dengan “yi ban you wo, yi ban you Tian”? Mari kita kupas secara sederhana agar lebih mudah memahaminya!

Berikut ini beberapa pandangan mengenai penyebab keberhasilan yang dicapai.

1.      Keberhasilan yang dicapai saat ini semata-mata karena usahaku.

2.      Keberhasilan yang dicapai saat ini semata-mata karena pertolongan atau bantuan dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian (Dewa-dewi Tao). Dengan kata lain, peran dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian paling dominan atau menentukan.

3.      Keberhasilan yang dicapai saat ini karena pertolongan atau bantuan dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian (Dewa-dewi Tao) dan usahaku. Dengan kata lain, peran dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian memang dominan atau menentukan, tetapi diriku juga mengambil peran di sini walaupun tidak banyak.

4.      Keberhasilan yang dicapai saat ini semata-mata karena usahaku didukung pertolongan atau bantuan dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian (Dewa-dewi Tao). Diriku berperan penting dalam kesuksesan ini, ditambah dukungan dari Tian, Tuhan, atau Shen Xian membuatnya menjadi lebih sukses.

Yi ban you wo, yi ban you Tian (一半由我,一半由天) merupakan dua kalimat yang saling berkaitan, yang memiliki arti sebagai berikut.

Yi ban you wo  : setengah mengandalkan diri sendiri

Yi ban you Tian : setengah mengandalkan Tian

Yi ban you wo diletakkan di bagian depan. Ini memiliki makna bahwa sebagai manusia, kita wajib berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan kehidupan kita. Mulai dari perencanaan, visi, misi, dan sebagainya, dilanjutkan dengan pelaksanaannya, harus dijalankan dengan penuh kemantapan dan ketelitian. Selama pelaksanaan, juga disertai dengan pengawasan agar kendala-kendala dapat segera dicari solusinya atau diselaraskan kembali. Tidak lupa ditutup dengan evaluasi untuk tahap berikutnya. Jika yi ban you wo ini sudah dijalankan atau diterapkan secara maksimal, tentu keberhasilan besar bisa dicapai.

Yi ban you Tian diletakkan di bagian belakang. Maksudnya adalah, setelah manusia melakukan peran dirinya (yi ban you wo) secara maksimal, selanjutnya memohon restu dan petunjuk dari Shen Xian (Dewa-dewi Tao). Bagi umat Tao Thay Shang Men Xiao Yao Pai, yang giat berlatih Dao Yin Shu, tentu pada satu tahap dapat berkomunikasi dan memohon bimbingan dari Shen Xian. Ketika Shen Xian berkenan memberi petunjuk dan bantuan, tentu keberhasilan yang dicapai akan menjadi lebih besar.

Sebagai ilustrasi, seandainya dengan mengandalkan diri sendiri saja bisa memperoleh omset satu triliun (porsi usaha sendiri 50% dari faktor pencapaian). Ketika Shen Xian berkenan memberi petunjuk dan bantuan, mungkin bisa mencapai dua kali lipatnya (porsi bantuan dari Tian 50% dari faktor pencapaian). Tentunya ini sangat luar biasa.

Jangan salah memahami filosofi ini dengan memposisikan yi ban you Tian terlebih dahulu, atau mengharapkan pertolongan dan bantuan dari Shen Xian terlebih dahulu, sedangkan usaha kita asal-asalan. Ini sangat tidak tepat.

Dalam kitab suci Fu De Zheng Shen dikatakan bahwa, “Fu (rezeki) asalnya dari Tian, De (moral yang baik) timbulnya dari sanubari manusia.

Kalimat ini menguraikan bahwa antara “moral yang baik” dan “rezeki” memiliki hubungan yang sangat erat dan selaras dengan filosofi “yi ban you wo Yi ban you Tian.” Manusia yang dengan aktif merevisi diri dan menumbuhkan moralitas yang baik dalam kehidupan sehari-hari (ini adalah porsi yi ban you wo), maka Tian akan memberi rezeki (ini adalah porsi yi ban you Tian).

Dalam kitab suci Er Lang Shen dikatakan bahwa, “Mentari dan rembulan ada penuh dan ada sabitnya. Nasib manusia ada pasang surut juga. Meskipun ini adalah takdir, tetapi yang berbudi, yang baik hati, yang belajar Tao, yang mengerti Tao, ketika nasib malang, sialnya dikurangi separuh. Ketika nasib jaya, rejeki ditambah empat sampai lima bagian.”

Kalimat ini menunjukan bahwa orang-orang yang xiu Dao dengan baik (ini adalah porsi yi ban you wo), maka ketika nasib malang akan dibantu dan ketika jaya akan lebih jaya (ini adalah porsi yi ban you Tian).Di Perguruan Thay Shang Men, kita belajar menjadi orang-orang yang aktif dan positif, dalam kehidupan sehari-hari  senantiasa menjalankan xiu Dao – merevisi diri ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, filosofi “yi ban you wo, yi ban you Tian sangat berhubungan dan sesuai. Akhir kata, marilah kita menjalankan xiu Dao kita sesuai dengan porsi yi ban you wo secara maksimal.