Mengatasi Kejenuhan Dalam Siu Tao

Seorang taoyu pernah menanyakan kepada saya bagaimana caranya supaya tidak jenuh atau malas dalam proses xiu dao? Sesuatu yang wajar apabila sudah xiu dao sekian lama timbul rasa jenuh atau malas sehingga membuat kita menunda-nunda lian gong yang akhirnya tidak dilakukan, tidak pernah membaca buku-buku Dao, enggan datang ke taokwan, dan tidak berminat mendengarkan ceramah. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Beberapa faktor penyebab kejenuhan dan kemalasan:

  • Ada kegiatan lain yang lebih menarik

Misalnya keasyikan menonton acara TV atau film, membuka media sosial sampai larut malam, sehingga saat lian gong jadi mengantuk. Ataupun pada hari minggu teman mengajak pergi ke cafe atau mall sehingga kegiatan ke taokwan dikesampingkan.

Untuk penyebab ini paling mudah untuk diatasi, yaitu cukup dengan mengatur waktu. Misal: lian gong dilakukan sebelum menonton acara TV atau film dan bermain handphone. Pergi ke cafe atau mall dilakukan setelah acara taokwan atau dilakukan di hari lain yang tidak mengganggu jadwal kita ke taokwan. Hal ini akan mudah dilakukan apabila kita memprioritaskan xiu dao kita.

  • Tidak sesuai dengan yang diharapkan

Mungkin ada taoyu yang memiliki harapan dengan ikut Dao akan memiliki kehidupan yang lebih baik dan damai, akan tetapi dia merasa kehidupannya begitu-begitu saja dan tidak ada perubahan. Tidak ada yang salah dengan memiliki harapan itu, justru itulah yang diharapkan. Yang kurang tepat adalah pemahaman bahwa begitu kita ditaoying tidak lama kemudian kehidupan akan membaik. Harus dipahami bahwa xiu dao memang bertujuan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dengan cara merevisi diri sendiri. Untuk merevisi diri sendiri diperlukan pemahaman teori Dao secara benar, wawasan yang luas, dan rutin lian gong. Kalau ini semua dipahami dan dilakukan dengan benar maka kehidupan akan berubah menjadi lebih baik. Sehingga ini merupakan suatu kesalahan apabila merasa kehidupan kurang baik malah malas untuk xiudao. Justru harus sering ke taokwan untuk ding dao, berdiskusi dengan teman taoyu dan rajin lian gong supaya memperoleh kehidupan yang lebih baik. Xiudao adalah proses.

  • Kurang motivasi

Kalau ini yang terjadi ada baiknya memiliki teman taoyu yang dapat membantu untuk saling sharing ilmu atau pengalaman xiudaonya. Terkadang masukan dari mereka bisa memotivasi kita.

  • Kecewa dengan orang lain

Mungkin ada yang pernah kecewa dengan satu atau dua orang sehingga memutuskan untuk tidak datang lagi ke taokwan. Xiudao bersifat pribadi dan sosial. Bersifat pribadi karena xiudao merevisi diri sendiri, bersifat sosial karena untuk maju harus bersama-sama. Tentu karena bersama-sama ini akan ada kemungkinan untuk bersinggungan dengan orang lain, mungkin karena tidak sepaham, salah paham dan sebagainya. Disinilah kesempatan kita untuk merevisi diri sendiri. Jangan sampai kecewa dan tidak mau hadir. Yang rugi adalah diri sendiri.

Proses xiudao ini adalah ceran. Tetapi bukan berarti kita memiliki pemahaman bahwa kejenuhan dan kemalasan itu adalah ceran, sehingga kita membiarkannya. Jika hal ini yang terjadi maka proses xiudao kita akan berhenti atau bahkan mundur (ceran). Tentunya kita ingin xiudao kita dapat maju, sehingga kita harus selalu memotivasi diri untuk kembali bersemangat dalam proses xiudao (ceran).

Berikan komentar

10 + 13 =