Ajaran Tao Mengubah Hidupku

Saya bisa mengenal Dewa-dewi dan bersembahyang, diawali dari mengikuti orang tua untuk bersembahyang ke kelenteng-kelenteng dan bersembahyang kepada leluhur. Keberadaan Dewa-dewi merupakan sesuatu yang misteri, bahkan tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk mengetahui lebih lanjut pada saat itu. Walaupun saya pernah belajar di sekolah yang berbeda keyakinannya, tetapi bersembahyang sudah menjadi kebiasaan yang dijalankan sesuai dengan tradisi dan kebudayaan leluhur.

Saya dapat berjodoh untuk mengetahui adanya ajaran Tao, diawali dari penjelasan seorang taoyu. Awalnya dia menceritakan tentang sejarah agama Tao beserta nama Dewa-dewi agama Tao. Ceritanya cukup menarik bagi saya. Saat dia menjelaskan bahwa dia bisa berkomunikasi dengan Dewa-dewi, yang timbul di benak saya pada saat itu adalah ceritanya berlebihan. Mustahil!

Beberapa bulan kemudian, saya bertemu dengan saudara saya dan mendengarnya bercerita tentang hal yang sama. Cerita tersebut membuat saya penasaran. Kemudian saya bersama hampir 25 orang saudara datang ke taokwan untuk mengikuti acara Pengenalan Tao. Saat hadir di acara Pengenalan Tao, saya masih penasaran, antara yakin dan tidak yakin akan ilmu Tao Ying Suk. Tetapi, jodoh dan jalan sudah ditentukan oleh yang di atas. Akhirnya saya memperoleh kesempatan untuk di-taoying  pada tahun 2015.

Kata-kata Shifu yang paling mengesankan dan bermakna dalam bagi saya saat di-taoying adalah “JANGAN PERCAYA jika ada orang mengatakan bisa melihat atau berkomunikasi dengan Dewa-dewi! Coba dan buktikan sendiri dulu, baru percaya!” Pernyataan tersebut yang menguatkan keinginan dan keyakinan saya untuk mendalami Tao Ying Suk lebih lanjut.

Saat di-taoying saya merasa aneh sekaligus kagum. Kedua tangan perlahan-lahan bergerak oleh suatu kekuatan yang tidak tahu dari mana datangnya. Perasaan tersebut sulit dijelaskan, tetapi kenyataannya tanganku bergerak.  Hari berikutnya,  penasaran semakin bertambah, saya mencoba berlatih sendiri di rumah dengan terlebih dahulu membaca mantra yang diberikan, ternyata tangan bisa bergerak juga. Benar-benar kagum! Tidak ada kata-kata yang bisa menjelaskan perasaan senang saat itu. Saya hanya bersyukur karena telah mencoba hal baru, walaupun dengan pengetahuan yang sangat sedikit.

Setelah bertemu dengan Yang Mulia Lie Shang Hu Shifu, saya mengerti sedikit ajaran Tao dan mendapatkan kesempatan untuk membuktikan dan merasakan sendiri keberadaan Dewa-dewi, tidak lagi hanya mendengar cerita-cerita. 

Tao adalah ajaran atau jalan yang benar dan harus kita tempuh. Ajaran Tao menitikberatkan pada mencapai kesempurnaan fisik (jasmani) dan mental (rohani). Melalui metode latihan Tao Ying Suk yang unik: shen gong, qi gong, dan jing zuo gong;  badan disehatkan; mental (rohani) dijernihkan, diolah, dan ditenangkan; serta sukma dilatih. 

Pepatah mengatakan, “Menguasai kesehatan lebih besar artinya daripada menguasai kekayaan dirinya.” Oleh karena itu, fisik (jasmani) yang sehat sangat diperlukan dalam kehidupan kita.

Latihan Tao Ying Suk yang unik ini memerlukan proses dan hasilnya tidak bisa didapatkan secara instan. Kita harus melatihnya dari hari ke hari dengan semangat dan memegang teguh inti memusatkan, barulah akan mendapatkan atau merasakan kenikmatan atau mukjizat, seperti badan sehat,  batin tenang, serta pikiran teduh dan jernih .

Perjalanan hidupku bermula dari tidak percaya, mencoba, mengerti, menjalani, membuktikan, dan memahami, baru timbulah hasil atau perubahan yang tidak disadari telah mengubah hidupku menjadi indah dan bermakna.