Apa itu TAO?

Tao memiliki arti yang sangat luas, jika mau di bahas detail akan memakan waktu tidak cukup sehari. Tapi secara sederhana dapat dikategorikan menjadi empat:

Empat arti TAO

1. TAO sebagai TAO

Tao tidak berbentuk, merupakan “sesuatu” yang sudah ada sebelum semuanya ada. Arti Tao yang paling sederhana adalah “jalan”. Ada juga yang mengartikannya “kelogisan”, “hukum”, “pedoman”, “aturan”, dll. Tao adalah jalan kebenaran, aturan, norma, cara, ajaran yang benar menuju kesempurnaan abadi. Semua orang harus melaluinya atau menjalankannya pada kehidupan sehari-hari. Semua aturan alam, sifat-sifat alam dan mahluk di dalam dunia ini adalah TAO. Juga mencangkup peraturan-peraturan Kodrat Alam, Cosmos dan lain-lainnya di jagad raya ini.

Tao adalah “sesuatu” yang mendasari dan berada di balik segala peristiwa yang terjadi di alam semesta seperti:

  • Kenapa bumi berputar mengelilingi matahari?
  • Kenapa bumu mempunyai gaya gravitasi?

Semuanya ada “hukumnya”, ada “aturannya”, ada “pedomannya”, ada “kelogisannya” dan ada “jalannya”. Semua karena Tao.

Ikan berenang di air, tidak tahu adanya air.
Burung terbang menunggangi angin, tidak tahu adanya angin.
Manusia berada di dalam Tao, tidak mengerti apa itu TAO.

2. TAO sebagai Filsafat Tao (道学 – Dao Xue)

Filsafat Tao sangat popular dan kitabnya yang paling terkenal ialah ‘DAO DE JING’ 《道德经》yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Isinya sangat padat dan tidak mudah untuk dipahami. Kitab tersebut tidak hanya digunakan oleh kaum Tao saja, tetapi ada beberapa aliran agama dan spiritual yang juga ikut mengambil manfaaat dari kitab ini.

3. TAO sebagai Agama Tao (道教 – Dao Jiao)

Agama Tao adalah agama yang tertua di dunia. Sejarah ajarannya dimulai dari Huang Di kurang lebih hampir 5000 tahun yang lalu, dipopulerkan dan berkembang ditangan LaoZi  dan diwujudkan sebagai Agama oleh 张道陵(Zhang Dao Ling).

Agama TAO adalah agama yang ber Ketuhanan  yaitu kita menyembah dan mengakui adanya  Tian/Yi Huang Da Di/Yang Maha Kuasa/Tuhan. Selain Thian Kung, masih banyak lagi Dewa-Dewi yang disembah seperti Guan Sheng Di , Er Lang Shen, Jiu Tian Xuan Nv, Fu De Zheng Shen (Ho Tek Ceng Sin/Thu Tee Kong), Tian Shang Sheng Mu (Thian Hou Sen/Mak Co), Ba Xian, Xuan Tian Shang Di, San Guan Da Di, Cai Shen, Zhen Yi Tian Jun (Han Tan Kong), Bao Sheng Da Di, Guang Ze Zun Wang, Zu Sheng Niang Niang  dan lain lain.

Banyak kitab suci TAO yang dapat kita pelajar antara lain: Fu De Zheng Shen Zhen Jing, Er Lang Shen Zhen Jing, Guan Sheng Di Zhen Jing, dsbnya.

Sedangkan upacara ritualnya sudah banyak dilakukan di Klenteng-Klenteng, misalnya ritual hari besar Dewa-Dewi TAO, ritual Tahun Baru Imlek, ritual Po-Un dll. Sekarang Agama TAO sudah tersebar ke seluruh dunia (lihat sejarah TAO).

4. TAO sebagai Ilmu Spiritual (道术 – Dao Shu)

Pedoman Tao yang selalu harmonis selaras dengan alam dan seimbang sesuai dengan lambangnya Yin Yang menjadikan spiritual Tao tidak hanya memperhatikan masalah kerohanian saja, melainkan juga keduniawian. Melatih raga dan sukma, menggabungkan ilmu pengetahuan dengan Agama.

Kitab sucinya adalah Thay Shang Lao Jun Zhen Jing, QingJing Jing .

TAO DAN ILMU PENGETAHUAN ADALAH SAMA

LaoZi mengatakan : “TAO yang dapat dibicarakan bukanlah TAO yang sebenarnya, karena luasnya TAO tak ada batasnya. TAO meliputi semua alam, semua benda dan semua mahluk adalah termasuk TAO”.

Pada awalnya, alam ini dikatakan kosong, kemudian timbul sifat positif dan negatif, sifat pria dan wanita yang disebut (TaiQi). Ini menimbulkan dualisme barulah kemudian lahir benda dan mahluk yang tersebar diseluruh jagat ini.

Menurut teori Einstein (seorang ahli ilmu fisika, asal mulanya hanya ada dua unsur yaitu proton dan elektron, setelah dua unsur ini bersatu kemudian menjadi atom, selanjutnya atom-atom bersatu menjadi molekul-molekul. Molekul-molekul kemudian bersatu menjadi sel-sel, sedangkan dari sel-sel ini terjadilah segala benda dan mahluk yang berwujud di dunia dan jagat ini.

ILMU MISTIK DAN ILMU PENGETAHUAN

Dengan ilmu mistik/gaib, orang dapat mempergunakan kekuatan alam, sehingga terlihat mujijat-mujijat atau kejadian-kejadian aneh. Demikian pula Ilmu Pengetahuan dapat mempergunakan tenaga alam misalnya menggunakan elektrik, energi dsb.

Bedanya Ilmu Pengetahuan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di alam dunia, sedangkan Ilmu Mistik menggunakan alat-alat halus yang memang sudah tersedia di dalam tubuh kita, tetapi kebanyakan orang belum tahu atau mengenalnya, kecuali mereka yang mata batinnya sudah terbuka.

Ilmu Mistik adalah suatu ilmu. Ilmu Pengetahuan adalah suatu ilmu juga. Jadi kedua ilmu tersebut adalah sama dan dapat disebut “ILMU” juga.
Teknologi tinggi menghasilkan listrik, televisi, pesawat, ulang alik Apollo dll.

TAO dengan hasil kesempurnaan bisa berkomunikasi dengan para Dewa-Dewi atau dengan dimensi lain.

Salam Hangat Tao

Berikan komentar

ten − nine =