Apa Arti Simbol Yin Yang?

Simbol yang diwakili oleh warna hitam (Yin) dan putih (Yang) ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang.

Simbol yang begitu sederhana ini ternyata mengandung arti yang mendalam. Walau sudah berusia ribuan tahun lamanya, simbol ini dapat menjelaskan teori pengetahuan yang modern yang ada saat ini.

Simbol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu berwarna putih dan hitam yang diartikan sebagai dualisme atau positif-negatif. Hal ini menjelaskan semua yang ada di dunia selalu ada hal yang berlawanan.

Ada siang dan malam, ada gerak dan diam, ada laki-laki dan perempuan, ada langit dan bumi, serta ada orang baik dan orang jahat.

Semua hal yang berlawanan ini juga saling terkait dan saling melengkapi.

Contohnya dalam perlombaan lari dimana semua orang mempunyai kemampuan yang sama, bagaimana kita dapat mencari pemenang apabila tidak ada yang kalah. Inilah yang menjelaskan mengapa selalu ada dualisme dalam hidup kita.

Pada ilmu pengetahuan pun kita tahu teori Yin Yang terbukti ada. Dalam fisika ada elektron dan proton, dalam akuntansi ada debit dan kredit, dalam biologi ada kromosom X dan Y, bahkan dalam bagian terkecil mahluk hidup yang biasa sebut molekul/atom pun mengandung Yin Yang.

Selanjutnya apabila kita perhatikan lebih seksama, pada bagian putih besar mengandung titik hitam kecil, dan pada bagian hitam besar mengandung titik putih kecil.

Ini menyiratkan segala sesuatu tidak ada yang mempunyai nilai sempurna di dunia ini. Sebaik-baiknya manusia pasti memiliki kekurangan. Begitu juga sejahat-jahatnya manusia pasti memiliki setitik kebaikan dalam dirinya.

Ini yang harus kita refleksi dalam diri kita yang memiliki kekurangan-kekurangan dalam hidup. Kita selalu dianjurkan untuk dapat memperbesar bagian putih dan memperkecil bagian hitam. Revisi diri terus menerus sehingga bisa keluar dari lingkaran Yin Yang dan mencapai kesempurnaan (Zhen San Mei).

Bagian terakhir pada simbol Yin Yang ini adalah posisi bagian besar putih dan hitam, dimana bagian putih berada diatas dan hitam dibawah, ini berarti kebaikan selalu menang melawan kejahatan.

Posisi bagian putih dan bagian hitam ini juga tidak persis pada posisi puncak dan bawah, melainkan simbol ini akan selalu dinamis berputar dan tidak mati pada satu titik sehingga teori Yin Yang selalu berjalan harmonis mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang ada.

Inilah alasannya mengapa teori Yin Yang, yang merupakan teori yang sangat lama penemuannya, namun dapat menjelaskan teori modern hingga saat ini, seperti matahari yang sudah lama namun memberi kesan yang baru tiap hari nya.

Kita dapat belajar banyak dari simbol Yin Yang. Teori dualisme mengajarkan kita untuk tidak terlalu ekstrim, yang wajar dan seimbang karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

Selanjutnya titik hitam pada bagian putih mengajarkan kita untuk mengurangi kekurangan kita dan belajar terus menerus untuk meningkatkan kualitas diri kita.

Teori Yin Yang yang bergerak dinamis memberikan pencerahan bagi kita untuk mengatasi masalah dalam hidup dengan cara aktif mencari solusi dan tidak diam saja meratapi nasib.

Demikian sekilas penjelasan mengenai simbol Yin Yang yang dapat menjelaskan kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pemahaman mengenai simbol Yin Yang yang sudah lama penemuannya namun tak lekang oleh perkembangan zaman dan teknologi.

Salam Hangat Tao.

Berikan komentar

2 + fourteen =