Ilmu Pengetahuan itu Tanpa Batas

Sebagai orang tua yang sudah melewati masa sekolah yang sama panjangnya dengan anak-anak kita, jika tidak terus belajar, maka akan ketinggalan karena ilmu pengetahuan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Mungkin saja pelajaran yang dulu kita pelajari saat duduk di Sekolah Dasar, sudah dipelajari oleh anak TK saat ini. Hal ini karena dipengaruhi oleh perkembangan zaman.

Bayangkan jika lulusan sarjana sudah tidak mau belajar lagi karena merasa dirinya sudah hebat? Merasa semua sudah dipelajari dan tidak ingin memperbaharui pengetahuannya lagi, berselang beberapa tahun saja sudah pasti akan ketinggalan dari sarjana-sarjana baru. Itulah sebabnya banyak ditemukan lulusan sarjana yang kalah bersaing dan tidak menemukan pekerjaan yang cocok dengan status gelar yang disandangnya.

Begitu juga halnya dalam pergaulan kita sehari-hari, kita harus juga memperbarui informasi-informasi terkini agar percakapan kita bisa cocok dengan yang lainnya.

Alangkah baiknya jika kita mengisi waktu luang dengan hal-hal yang berguna, agar menambah pengetahuan kita, seperti banyak membaca, mengikuti les tambahan (contohnya les bahasa asaing), mendengarkan Ciang Tao, mendengarkan sharing dan pengalaman-pengalaman dari orang lain, dan lain sebagainya.

Penulis yakin selalu ada hal baru yang bisa dipelajari. Semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang didapatkan, maka semakin “kaya” diri seseorang. Tentunya dari setiap informasi dan pengetahuan yang diperoleh, juga harus menggunakan “wu” atau kesadaran untuk menyaring mana yang baik dan mana yang tidak baik agar tidak terjebak pada informasi yang salah.

Seperti pepatah yang mengatakan “kesempatan tidak akan datang dua kali” dan “kesempatan akan datang pada orang yang paling siap”. Artinya kita harus selalu membekali diri dengan ilmu-ilmu yang berguna, bisa saja ilmu atau pengetahuan tersebut belum bermanfaat bagi kita hari ini, tetapi saat “kesempatan” itu datang maka saat itulah kita sudah siap untuk mengambilnya. Semoga kita selalu mampu meraih kesempatan yang ada di depan kita dan bisa terus maju. Salam sukses selalu. Xie Shen En.

Berikan komentar

1 × one =