Mengenal Hari Raya Umat Tao

Di Indonesia, pemerintah mengakomodir masyarakat untuk merayakan hari besar agamanya masing-masing dengan memberi hari libur nasional. Lantas bagaimana dengan umat Tao? Dan apa sajakah hari raya “utama” umat Tao?

1. Tahun Baru Imlek/Chinese New Year
Agama Tao lahir, tumbuh dan berkembang di Tiongkok. Jika dihitung dari salah satu tokoh utama Tao – Huang Di (Kaisar Kuning), agama Tao kurang lebih sudah berusia kurang lebih 5000 tahun. Di masa lalu, mayoritas penduduk Tiongkok adalah umat Tao. Mereka menjalankan kehidupan berdasarkan ajaran dan bimbingan Huang Di, yang berlandaskan pada ajaran Tao.

Oleh karena itu, sejak ribuan tahun lalu, umat Tao menyelenggarakan ritual sembahyang “Ying Shen Jie Fu” untuk menyambut tahun yang baru ini. Ying Shen Jie Fu sendiri memiliki arti: Menyambut Shen Xian (Dewa Dewi Tao), menerima rejeki. Jadi pada saat itu masing-masing umat Tao mengucap syukur atas berkah dan perlindungan yang dianugerahkan sepanjang tahun yang lalu. Juga memohon agar di tahun yang baru ini tetap dilindungi dan diberkahi.

Ritual Ying Shen Jie Fu ini diselenggarakan terutama di tempat tinggal masing- masing umat Tao, dan juga di tempat ibadah. Dari sini kita bisa memahami kalau Tahun Baru Imlek pada hakikatnya merupakan hari raya agama, walaupun zaman berganti dan masyarakat Tionghoa tidak seluruhnya merupakan umat Tao.

Di Indonesia, hari raya ini sudah menjadi hari libur nasional yang dirayakan oleh umat Kong Hu Cu dan Umat Klenteng.

2. Qing Ming jie / Tomb Sweeping festival
Qing Ming jie jatuh pada tanggal 04 April atau 05 April (pada tahun kabisat). Hari raya ini termasuk salah satu yang unik karena acuannya adalah peredaran matahari, berbeda dengan hari raya umat Tao lainnya, yang mengacu pada peredaran bulan.

Pada pelaksanaannya, mungkin akan maju atau mundur 1 sampai 2 minggu dari tanggal resminya. Terutama jika anak cucu tersebar di berbagai kota, dengan kesibukannya masing-masing.

Pada perayaan Qing Ming jie, anak cucu akan sembahyang mengenang orang tua ataupun leluhur yang telah mendahului. Ini merupakan simbol (bakti) bahwa sebagai generasi muda, kita tidak melupakan jasa leluhur kita. Adanya kita hari ini, kondisi kita saat ini, semua merupakan warisan dari leluhur kita. Termasuk ajaran-ajaran Tao yang diwariskan dari generasi ke generasi di keluarga (jia jiao), walaupun bukan umat Tao.

Bagi yang orang tua atau leluhurnya dikubur, jika situasi maupun kondisinya memungkinkan, umat Tao biasanya akan sembahyang mengenang orang tua atau leluhurnya di kuburan. Tetapi bagi yang sudah dikremasi dan abunya ditebar di laut, umat Tao akan sembahyang di rumah masing-masing atau berkumpul di rumah salah satu keturunannya , dan menabur bunga di pantai/laut terdekat.

3. Hari Kebesaran Shen Xian
Selama ini, umat yang pai pai (拜神) familiar dengan istilah Sejit. Tetapi bagi umat Tao, istilah yang digunakan adalah Hari Kebesaran (Ji ri 吉日). Karena Shen Xian di Tao sudah lepas dari siklus reinkarnasi, oleh karenanya istilah Sejit atau hari ulang tahun dinilai tidak cocok.

Ada demikian banyaknya Shen Xian (Dewa Dewi Tao) yang dipuja oleh umat Tao. Masing-masing memiliki hari besar (Ji ri) sendiri. Bisa dikatakan, setiap bulan pasti ada beberapa Shen Xian Ji ri.

Ada beberapa Shen Xian yang hari kebesarannya dirayakan pada tanggal yang berbeda. Contohnya:  Guan Gong, Xuan Tian Shang Di, Thay Shang Lao Jun, Er Lang Shen, dan sebagainya. Hal ini merupakan hal yang lumrah karena perayaan ini merupakan “tradisi”yang kita warisi dari masa lalu. Di mana pada ribuan ataupun ratusan tahun yang lalu, media komunikasi dan transportasi sangat terbatas dan mahal. Di samping itu, pengalaman pribadi dari umat terkait atau tokoh setempat pun ikut memegang peranan.

Beberapa contoh Shen Xian yang Hari Kebesarannya lebih dari  satu:

Shen Xian Hari Kebesaran
Guan Gong Bulan 01 tanggal 13 Imlek
Bulan 06 tanggal 24 Imlek
Xuan Tian Shang Di Bulan 02 tanggal 25 Imlek
Bulan 03 tanggal 03 Imlek
Bulan 09 tanggal 09 Imlek
Thay Shang Lao Jun Bulan 02 tanggal 15 Imlek
Bulan 05 tanggal 15 Imlek
Bulan 07 tanggal 01 Imlek
Bulan 12 tanggal 16 Imlek
Jiu Tian Xuan Nü Bulan 02 tanggal 15 Imlek
Bulan 08 tanggal 18 Imlek
Bulan 09 tanggal 09 Imlek
Er Lang Shen Bulan 06 tanggal 10 Imlek
Bulan 06 tanggal 24 Imlek
Bulan 08 tanggal 28 Imlek

Bagi umat Tao, tiga Hari KebesaranShen Xian yang pasti dirayakan adalah:

  • Thay Shang Lao Jun ji ri         – Bulan 5 tanggal 15 Imlek
  • Er Lang Shen ji ri                     – Bulan 8 tanggal 28 Imlek
  • Jiu Tian Xuan Nü ji ri              – Bulan 9 tanggal 09 Imlek

Berikan komentar

3 − 1 =