Xiu Dao Zaman Dahulu Dan Sekarang

Xiu Dao (Siu Tao) Zaman Dahulu

Berbicara tentang Xiu Dao (Siu Tao), orang pasti berpikir tentang bertapa di gunung atau di gua. Tinggal di gunung berlatih, meramu obat, memperoleh udara segar, memanjangkan umur supaya hidup abadi, tidak lahir dan tidak mati. Panjang umur dianggap sebagai dasar untuk menjadi “Dewa”. Hidup membiara, tidak berkeluarga dan meninggalkan kehidupan duniawi, jauh dari masalah dan mendapatkan ketenangan batin. Semua berkutat pada diri sendiri demi mengejar menjadi “Dewa” sendiri. Maka hanya sedikit yang menjadi “Dewa”. Xiu Dao (Siu Tao) yang demikian sudah tidak cocok, tidak harus dipertahankan dan diikuti lagi.

Xiu Dao (Siu Tao) Zaman Sekarang

Tidak perlu meniru orang Dao (Tao) zaman dahulu. Zaman sudah berubah, gaya dan pandangan hidup juga berubah. Harus hidup membaur di masyarakat, tidak hidup di kuil dan di gunung. Hidup bersosial, melatih diri, memupuk kebijaksanaan dan kebajikan. Mau menjadi “Dewa”, moralnya harus tinggi. Jadi “orang” saja tidak bisa bagaimana bisa menjadi “Dewa”?

Mengikuti Dao (Tao) yang asli, tidak harus mengikuti semua yang kuno. Yang kuno bukannya tidak memiliki kekurangan. Kalau sudah tidak sesuai dengan zaman, harus berani direvisi dan ditinggalkan.

Agama Dao (Tao) biasanya bertahan dan berkembang, karena terus mengikuti perkembangan zaman. Tetap eksis dari zaman ke zaman, namun tidak kehilangan ciri khas, jati diri dan inti ajarannya. Hal ini dikarenakan orang-orangnya memiliki satu ikatan, satu tujuan, membentuk perguruan dan organisasi keagamaan. Menyumbangkan apa yang mereka miliki sebagai wujud peran serta mempertahankan dan mengembangkan Dao (Tao).

Meski zaman sudah berubah, Xiu Dao (Siu Tao) zaman sekarang yang ditekankan juga sama yaitu moralitas, kesehatan, panjang umur dan sebagainya. Tidak hanya terpaku untuk menjadi “Dewa”, tapi juga menjabarkan Dao (Tao) dimana-mana. Yang sudah belajar dicarikan jalan agar bisa masuk dan belajar lebih mendalam lagi. Harapannya banyak orang Xiu Dao (Siu Tao) yang berhasil menjadi “Dewa”.

Xiu Dao (Siu Tao) zaman sekarang yang dicari adalah:

  1. Badan yang sehat, kehidupan yang lancar, rejeki yang berlimpah, kebutuhan tercukupi, dan hidup tidak sampai kekurangan.
  2. Rumah tangga bahagia, rukun, harmonis, saling mendukung, dan anak-anak berbakti.
  3. Dijauhkan dari masalah. Punya masalah bisa diselesaikan dengan baik dan mendapat bantuan dari Shen.
  4. Memiliki cara pandang serta respons kehidupan yang benar.
  5. Memiliki pikiran jernih, batin yang tenang dan mental ulet tahan uji dalam menghadapi persoalan dan tekanan hidup.
  6. Hidup rileks tanpa beban, tidak ada kekhawatiran hidup, semua bisa dilalui dengan baik.
  7. Dijauhkan dari malapetaka dan bencana.
  8. Punya cara dan kekuatan untuk mengatasi gangguan dari dimensi lain.
  9. Meriset dimensi kedewaan, mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Dewa/i.
  10. Memutus mata rantai reinkarnasi, mencapai Dao (Tao) yang sempurna dan menjadi Dewa/i. 
  11. Mempelajari ajaran Dao (Tao) sebagai filosofi dan panduan hidup.
  12. Memiliki semangat tinggi dan cita-cita luhur.
  13. Bersama-sama menjalani Xiu Dao (Siu Tao) dengan gembira sampai tua.
  14. Mencapai kehidupan yang lebih bermakna dan menjadi bagian Kemuliaan Dao (Tao).

Xiu Dao (Siu Tao) zaman sekarang yang sebaiknya dilakukan adalah:

  1. Meluangkan waktu pagi dan malam untuk Lian Gong (lien kung) di rumah sudah cukup.
  2. Setiap hari Minggu, Ce It dan Cap Go, bisa berkumpul di Dao Guan (Tao Kwan) untuk mendengarkan ceramah Dao (Tao), menggali dan mempelajari budaya Dao (Tao) serta berlatih Shen Gong bersama.
  3. Bersama-sama menikmati dunia yang penuh bahagia. Badan yang sehat, mengumpulkan uang yang banyak, hidup yang enak, rezeki dan hoki tebal.
  4. Rohani dan materi seimbang untuk dinikmati bersama.
  5. Menjaga moralitas dan menyebarkan kebaikan.
  6. Menghidupkan ajaran Dao (Tao) di zaman modern dengan semangat dan pikiran baru, serta tidak henti-hentinya menjabarkan Dao (Tao) untuk membahagiakan umatnya.

Hidup kali ini ada kejodohan dengan Dao (Tao), maka jangan dilewatkan kesempatan untuk Xiu Dao (Siu Tao). Hidup kali ini ada kesempatan Xiu Dao (Siu Tao), pegang dan dapatkan terlebih dahulu, kemudian belajar dengan sungguh hati.

Xiu Dao (Siu Tao) menjadikan mengerti hidup itu sebenarnya apa. Hidup harus berpikir dan bertanya pada diri sendiri, baru bisa menemukan dirinya kembali. Karena bahagia datang semua dari diri sendiri. Xiu Dao (Siu Tao) dan kehidupan tidak dapat dipisahkan, menjadi satu standar hidup kita. Itulah gaya hidup orang Dao (Tao).

Berikan komentar

2 × 1 =