Mengenal Istilah Xiu Xin Yang Xing

Sebelum mulai belajar agama Tao, kita perlu mengikuti sesi Pengenalan Tao. Dalam sesi ini kita bisa mendapatkan gambaran atau penjelasan singkat tentang ajaran Tao, apa yang akan dipelajari, dan sebagainya. Di samping itu, kita juga diwajibkan untuk membaca buku Xiu Dao Bao Jian 修道保健 (baca: Siu Tao Pao Cien) atau sering disebut  jiang yi. Baik dalam buku maupun pada sesi Pengenalan Tao, ada beberapa istilah dalam bahasa Tionghoa. Salah satu istilah yang cukup populer adalah xiu xin yang xing 修心养性 (baca: siu sin yang sing). Sebenarnya apa yang dimaksud dengan xiu xin yang xing? Mari kita kupas dengan contoh yang sederhana agar lebih mudah memahaminya!

Xiu xin yang xing terdiri atas dua bagian yang bisa diuraikan secara terpisah, tetapi saling melengkapi dan saling berhubungan. Bagian pertama adalah xiu xin yang memiliki arti merevisi atau memperbaiki hati. Bagian kedua adalah yang xing yang memiliki arti memupuk karakter yang baik. Xiu xin yang xing merupakan pelajaran dan tugas bagi setiap umat yang mendalami ajaran Tao. Merevisi diri bertujuan agar kita menjadi lebih baik, lebih murah hati; termasuk mengikis iri hati,  dengki, dendam, dan sebagainya. Di samping itu juga merawat atau memupuk karakter-karakter yang positif, seperti setia kawan, bertanggung jawab, gigih, disiplin, mandiri, dan sebagainya.

Proses xiu xin yang xing yang tiada akhir ini harus senantiasa dijalankan. Agar lebih optimal, proses xiu xin yang xing ini harus didukung dengan lian gong atau berlatih Dao Yin Shu. Melalui latihan jing zuo atau meditasi dalam Dao Yin Shu, kita bisa mulai merefleksikan diri terlebih dahulu secara jujur. Kenali dan akui siapa diri kita dengan apa adanya, lalu mulai merevisi hati kita setahap demi setahap secara berkelanjutan setiap hari. Pada saat yang sama, kenali juga karakter-karakter positif yang kita miliki, untuk selanjutnya diperkuat. Dengan bimbingan dari Hu Fa Shen 护法神 (baca: Fu Fak Shen) pada saat berlatih, tentu proses Xiu Xin Yang Xing akan lebih maksimal.

Melalui proses xiu xin yang xing, karakter baik yang timbul dari hati akan memancar keluar dan dapat dirasakan oleh orang-orang yang berinteraksi dengan kita. Pada akhirnya akan membawa manfaat dalam kehidupan nyata sehari-hari. Orang lain akan lebih suka melakukan kerja sama dan interaksi bisnis dengan kita. Hubungan sosial dengan orang lain, baik dalam hubungan percintaan, suami istri, orang tua dan anak, maupun lainnya akan lebih baik. Kehidupan kita pun akan lebih nyaman dan lebih baik.

Satu hal yang penting adalah kita wajib memiliki karakter ulet atau gigih karena proses xiu xin yang xing ini harus dijalankan tanpa henti dan secara konsisten. Perubahan yang terjadi setetes demi setetes, tidak akan selesai dalam semalam. Akhir kata, selamat menjalankan proses  xiu xin yang xing.