Pentingnya Melakukan Gong De

Gong De (功德) dapat diartikan sebagai sumbangsih, berbuat amal, atau melakukan kebaikan yang bermanfaat untuk orang lain. Kita dapat melakukan Gong De(Kungtek)dengan cara menyumbangkan apa yang kita miliki seperti uang, tenaga, pikiran, waktu atau hanya sekedar perhatian kita kepada orang lain yang membutuhkan. Lalu, mengapa Gong De(Kungtek) ini penting untuk dilakukan agar Xiu Dao kita dapat terus maju?

Agar dapat memahami pentingnya melakukan Gong De(Kungtek), pertama-tama kita harus mengetahui dulu proses alami dalam kehidupan. Kita mungkin sering mendengar istilah “Manusia akan menuai apa yang ditabur”. Hal ini berarti, bahwa setiap perbuatan kita baik positif maupun negatif pasti akan memiliki konsekuensi atau akibatnya. Apabila kita suka menolong dan memberi kepada yang membutuhkan, maka kita seperti sedang menabung kebajikan. Walaupun tidak terlihat secara langsung, tabungan kebajikan ini akan terus bertambah dan menyebabkan kualitas kehidupan kita juga menjadi lebih baik. Sedangkan apabila kita sering meminta dan merugikan orang lain, hal ini dapat diumpamakan seperti hutang yang kita miliki. Tentu suatu saat, hutang ini harus dibayarkan agar keadannya kembali seimbang/balance. Dengan memahami ini, maka kita jadi menyadari seberapa pentingnya untuk berbuat kebaikan dan berkontribusi pada masyarakat. Selain hal ini berdampak baik pada kualitas kehidupan, tentu kita juga akan merasa lebih bahagia apabila dapat membantu dan meringankan beban orang lain.

Setelah mengetahui pentingnya melakukan Gong De(Kungtek), kita juga perlu mengetahui bagaimana caranya melakukan Gong De(Kungtek)yang tulus. Pada intinya, Gong De(Kungtek) bukanlah mengenai seberapa banyak uang yang kita sumbangkan, namun seberapa ikhlas kita memberikannya. Ilustrasi berikut dapat menjadi contoh untuk pemahaman kita; apabila kita mempunyai tabungan sebesar Rp10.000,00 maka menyumbangkan Rp1.000,00 adalah bernilai 10% dari apa yang kita punya. Hal ini serupa dengan seseorang yang memiliki tabungan sebesar satu juta dan memberikan sumbangan sebesar Rp100.000,00 atau 10%nya. Maka kita tidak perlu berkecil hati apabila sumbangan yang kita berikan mungkin terbilang kecil secara nominalnya. Lantas kita juga sebaiknya mulai melakukan Gong De(Kungtek)sedini mungkin, tidak perlu menunggu sampai kita mempunyai materi berlebih. Karena prinsipnya adalah, apabila kita tidak bersedia menyumbangkan seratus perak hari ini, maka di kesuksesan kita di masa depan juga tidak akan bersedia untuk menyumbangkan satu juta. Semua kembali lagi ke ketulusan hati kita.

Ketika awal kita menyumbangkan sesuatu, pastilah muncul pikiran-pikiran seperti mengharapkan imbalan kembali atau sedikit pamrih. Namun, hal ini harus perlahan-lahan kita hilangkan. Dengan terus membiasakan diri untuk berbuat kebaikan dan menolong orang, maka lama-kelamaan kita akan melakukan hal ini secara alami atau Zi Ran (自然). Jadikanlah Gong De(Kungtek)dan berbuat kebaikan sebagai kebiasaan kita yang terus dilakukan secara alami dalam kehidupan, maka hidup kita akan senantiasa diberkahi oleh Dewa-Dewi dan penuh dengan rezeki.

Leave a comment

seventeen − 8 =