Mengatasi GERD dengan Pola Hidup Sehat dan Jing Zuo

GERD adalah kepanjangan dari gastroesophageal reflux disease adalah penyakit yang berhubungan dengan asam lambung. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung dan naik ke kerongkongan. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Bagi saya, GERD ini cukup menyiksa, bahkan terasa amat memalukan karena saat berbicara terlalu lama, saat tegang, kerja terburu-buru, tiba-tiba bisa mendadak batuk-batuk. Bertahun-tahun untuk mengatasi itu saya hampir setiap hari minum obat batuk, padahal itu bukan batuk, tetapi akibat dari pikiran yang tegang sehingga memicu asam lambung naik ke tenggorokan.

Gejala GERD yang saya alami bertahun-tahun dengan gejala sebagai berikut :

  1. Batuk kronis, tidak sembuh-sembuh;
  2. Radang tenggorokan;
  3. Sesak napas, saat tidur di kerongkongan banyak dahak;
  4. Tidur terganggu.

Apa yang menyebabkan GERD?

Penyebab utama penyakit GERD adalah karena katup kerongkongan bagian bawah (sfringter) melemah, sehingga membuatnya terbuka pada kondisi tertentu.

Apakah GERD itu berbahaya?

Jika tidak diobati selama bertahun-tahun, asam lambung yang terus naik ke kerongkongan berpotensi menyebabkan “Esofagus Barrett”. Bahaya asam lambung yang satu ini merupakan komplikasi serius dari penyakit GERD, dan bahaya utama dari Esofagus Barrett adalah terjadinya kanker Esofagus.

Apa obat alami utk GERD?

  • lidah buaya
  • jahe
  • teh Chamomile
  • permen karet
  • buah-buahan (pisang, semangka, melon, pepaya)

Bagaimana cara saya mengatasi GERD selama ini?

  • menjaga pola makan
  • menjaga pola hidup
  • rajin berolahraga
  • rutin Lienkung

Salah satu penyebab timbulnya GERD adalah karena pikiran yang tegang dan stres, sehingga untuk mengatasi hal tersebut, saya mulai rajin latihan Jing Zuo setiap malam. Di dalam latihan Jing Zu, saya mendapatkan ketenangan dan pikiran tidak mudah stress, dan sangat terasa zat/hormon endorfin mengalir di dalam tubuh. Perlu diketahui, zat endorfin adalah zat kimia yang diproduksi sendiri oleh tubuh, zat ini efeknya mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

Alhasil sampai saat ini, GERD saya bisa dikendalikan dengan baik dan batuk-batuk saat berbicara lama sudah bisa diatasi. Apakah kalian mau sembuh dari GERD? Yuk, silakan rutin berlatih Jing Zuo dan jangan lupa menjaga pola makan maupun pola hidup.

Berikan komentar

three × one =