Mengenal Dao Yin Shu (導引術)

Dao Yin Shu (導引術), atau disebut Tao Ying Suk, adalah sebuah ilmu yang diajarkan dan diturunkan oleh Shifu (Guru Besar) Lie Song Hoo untuk murid-muridnya dan untuk disebarkan kepada umat Tao, dalam lingkupan perguruan Thay Shang Men (TSM) aliran Xiao Yao Pai (XYP).

Dengan Dao Yin Shu, umat-umat Tao diberikan mantra/Zhen Yan (真言) khusus untuk bersembahyang dan dapat berkomunikasi dengan Dewa-Dewi. Semua umat yang telah mengikuti upacara Dao Yin Shu akan didampingi oleh Hu Fa Shen (护法神), atau disebut Fu Fak Shen, yaitu Dewa pendamping/pelindung yang akan membimbing mereka dalam perjalanan hidup dan dalam perjalanan Siutao mereka. Latihan dalam Dao Yin Shu dipandu langsung oleh Fu Fak Shen masing-masing; disebut sebagai Lian Gong (练功), atau Lienkung, dan dibagi menjadi tiga macam latihan:

1. Shen Gong (神功)

Shen Gong, atau Shenkung, adalah latihan di mana Fu Fak Shen akan menggerak-gerakkan anggota badan kita, misalnya lengan, tangan, leher, punggung, dll. Latihan ini dapat memperbaiki peredaran darah, persendian, dan organ-organ; terutama juga dapat mengatasi penyakit-penyakit dalam tubuh yang mungkin tidak kita ketahui.

2. Jing Zuo Gong (靜坐功)

Jing Zuo Gong, atau Cingco, adalah latihan di mana Fu Fak Shen akan mengarahkan kita untuk duduk bersila, diam dan bermeditasi. Dalam latihan ini, kita akan diarahkan untuk memusatkan atau melepaskan pikiran untuk menjangkau bawah sadar, menemukan “jati diri”, menenangkan batin, mencerdaskan daya pikir, dan memperkuat sukma untuk mempersiapkan diri kita untuk dimensi selanjutnya.

3. Qi Gong (氣功)

Qi Gong, atau Chikung, adalah latihan olah nafas di mana Fu Fak Shen akan memandu mengarahkan aliran Qi/Chi di seluruh tubuh seiring tarikan nafas kita. Latihan ini dapat meningkatkan stamina, menjaga kesehatan, memperbaiki organ-organ dalam, dan masih banyak manfaat lainnya.

Dao Yin Shu adalah salah satu pusaka peninggalan berharga dari Shifu untuk menolong umat manusia menjalani hidup, hanya ada satu-satunya. Dengan begitu besarnya manfaat yang dapat diterima dari Lienkung, maka perguruan TSM XYP-pun kini berkembang pesat di Indonesia. Jadi jangan sia-siakan waktu luang dan rajinlah latihan Lienkung demi kesehatan dan jiwa raga kita.

Berikan komentar

six + thirteen =