Satu-satunya Kelenteng di Tengah Laut

大家学道好( Da Jia Xue Dao Hao ), sebelumnya saya ingin bertanya apakah para Taoyu semua pernah mendengar adanya sebuah kelenteng yang dibangun di tengah laut? Rasanya tidak mungkin ya?  Namun  kelenteng yang dibangun di tengah laut itu ternyata benar ada. Tepatnya berlokasi di Sungai Kakap, Kabupaten Kuburaya, Pontianak,  Kalimantan Barat.

Kelenteng Dharma Bakti (孝意神堂 Xiao Yi Shen Tang)merupakan satu-satunya kelenteng di dunia yang dibangun di tengah laut, jauh dari daratan dan di sekitar kelenteng ini tidak ada bangunan lain. Sedikit cerita mengenai sejarah kelenteng ini, kelenteng ini dibangun karena salah satu nelayan setempat mendapatkan mimpi dari salah satu dewa, dan dewa tersebut menyuruh sang nelayan untuk membangun kelenteng di tengah laut. Kelenteng Dharma Bakti ini dibangun dengan Maha Dewa Thay Shang Lao Jun  (太 上 老 君) sebagai Dewa utamanya. Sebagai umat TAO khususnya warga Indonesia harus berbangga karena satu-satunya kelenteng yang dibangun di atas laut hanya ada di Indonesia.

Kelenteng ini termasuk salah satu kelenteng tua di Kalimantan Barat, letaknya yang di tengah laut menjadikan kelenteng ini unik dibandingkan yang lain . Tidak hanya umat kelenteng saja yang pernah mengunjungi kelenteng ini, tetapi  wisatawan yang ber-agama lain pun pernah datang mengunjungi karena keunikan yang dimilikinya. Penduduk lokal pun biasanya mengunjungi tempat ini untuk memancing ikan. Untuk mengakses kelenteng ini kita dapat menempuh jalur darat untuk sampai ke sungai kakap, jarak dari Kota Pontianak ke Sungai Kakap hanya memerlukan waktu 45 menit saja, setelah sampai di Sungai Kakap kita masih harus melakukan perjalanan laut yaitu menggunakan perahu yang disediakan untuk disewa  selama 30 menit untuk dapat sampai ke kelenteng ini .

Apabila teman-teman Taoyu semuanya berkesempatan untuk berkunjung ke Pontianak, kelenteng ini dapat dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata kalian juga, kapan lagi ketemu kelenteng di tengah laut?

Sumber: https://travel.detik.com/dtravelers_photos/u-1738690/klenteng-tengah-laut/2

Berikan komentar

15 − 1 =